Halaman

PENELUSURAN

Senin, 17 Oktober 2011

MENGENAL LEBIH JAUH KYAI MANGUNARSO PENDIRI DESA BALEREJO ( 5 )

IV. Pendidikan Agama Islam di Balerejo.

Kyai Mangunarso meninggalkan sebuah langgar ( mushola ) yang terletak di halaman “ Bale Griyo Balerejo “, di sebelah Barat pendapa dan sebuah “ masjid-makam “tidak jauh dari “ Bale Griyo Balerejo “. Masjid-makam adalah sebuah jenis masjid yang dihubungkan dengan makam di belakangn mihrabya. Makam tersebut biasanya adalah makam orang yang diagungkan\dihormati oleh pemakai masjid misalnya seorang raja dengan keluarganya, para ulama dan sebagainya.

Budaya manakah yang mempertautkan makam dan masjid menjadi satu kompleks sanctum Menurut Wiryomartono, semua ini bukan pengaruh Islam di Jazirah Arab, ttapi budaya local melalui penafsiran para wali. Sebagai contoh : makam dan masjid Sunan Sendang di Lamongan, makam dan masjid Sunan Gunung Jati di Cirebon dan sebagainya ( 1995 : 10 ).

Makam ( pesarean ) di belakang Masjid Balerejo terdiri atas 2 bagian yang dipisahkan oleh sebuah jalan kecil yang membujur dari Timur ke Barat. Pada awalnya makam di bagian Utara untuk Kyai Mangunarso sekeluarga serta keturunannya , sedangkan bagian Selatan untuk umum. Namun pembagian ini sudah tak berlaku lagi.

Menurut buku karangan Bapak Moh. Kamil dan “ Kisah Eyang-Eyang Kita”, langgar di “ Bale Griyo Balerejo “ dipakai untuk tempat belajar mengaji para putro wayah, anak- anak putro sentono dan lain-lainnya serta dipakai shalat , termasuk shalat jamaah. Langgar ini dapat memuat 50 orang. Seorang guru mengaji diberi rumah di belakang langgar. Kyai Mangunarso sendiri tidak perah mengajar, tetapi mendatangkan guru mengaji dari Banjarsari yaitu Haji Imam Ghazali, kemudian ada seorang guru mengaji lainnya yaitu Ki Imam Duryat yang berasal dari Magelang.

Pusat pendidikan agama Islam di Balerejo adalah di “ masjid-makam “ sehingga masjid ini pun berfungsi sebagai masjid-madrasah “.Kyai Mangunarso tidak mempunyai pondok pesantren, tetapi beberapa jenis pondok ada yang didirikan di dekat masjid.

Tidak ada komentar: