Halaman

PENELUSURAN

Jumat, 21 September 2018

UMAR BIN KHATTAB RA.

* Allah merahmati orang yg berfikir.

Umar bin Khattab ra berkata : " Dunia adalah angan2 yg sangat terbatas, waktu yg selalu berkurang dan mengantarkan ke dunia lain, berjalan menuju kematian yg pasti. Sedangkan Allah merahmati orang yg memikirkan urusannya, selalu menasehati dirinya, merasa dipantau oleh Tuhannya, dan selalu menghindari dosa ".

* Selama anda masih bertakwa.

Al-Mughirah berkata kepada Umar : " Kami akan selalu baik selama anda masih ada". Mendengar itu, Umar berkata : " Anda akan selalu baik selama anda bertakwa kepada Allah".

* Bacalah Al-Qur'an.

Umar ra berkata : " Baca, kenali dan amalkanlah ajaran Al-Qur'an. Dengan demikian, kalian termasuk ahlinya. Ketahuilah hak seseorang tidak mungkin sampai jika dia durhaka kepada Allah. Dalam harta pemberian Allah, aku telah menjadiksn diriku sebagai anak yatim. Jika aku tidak butuh, aku tidak mungkin mencarinya. Dan, jika aku butuh, aku mengambilnya dengan cara yg baik dan terpuji".

* Allah memelihara orang yang bertakwa.

Umar ra pernah menulis surat kepada putranya. Abdullah. " Orang yg bertakwa pasti dipelihara Allah. Orang yg bertawakal pasti dicukupi. Orang yg meminjami Allah pasti diberi imbalan berlipat ganda. Dan orang yg pandai bersyukur pasti ditambahi nikmatnya. Oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah, anakku. Orang yg tidak berniat, tidak mungkin mendapatkan pahala. Tidak ada kekayaan bagi orang yg tidak mempunyai teman. Dan, tidak ada yg baru bagi orang yg tidak mempunyai rencana".

Tidak ada komentar: